PELABUHAN DAN FUNGSINYA
12 November 2015



Pelabuhan

Pelabuhan adalah sebuah fasilitas di ujung samudera, sungai, atau danau untuk menerima kapal dan memindahkan barang kargo maupun penumpang ke dalamnya. Pelabuhan biasanya memiliki alat-alat yang dirancang khusus untuk memuat dan membongkar muatan kapal-kapal yang berlabuh. Crane dan gudang berpendingin juga disediakan oleh pihak pengelola maupun pihak swasta yang berkepentingan. Sering pula disekitarnya dibangun fasilitas penunjang seperti pengalengan dan pemrosesan barang. Peraturan Pemerintah RI No.69 Tahun 2001 mengatur tentang pelabuhan dan fungsi serta penyelengaraannya.

Pelabuhan juga dapat di definisikan sebagai daerah perairan yang terlindung dari gelombang laut dan di lengkapi dengan fasilitas terminal meliputi :
Dermaga, tempat di mana kapal dapat bertambat untuk bongkar muat barang.

Crane, untuk melaksanakan kegiatan bongkar muat barang.

Gudang laut (transito), tempat untuk menyimpan muatan dari kapal atau yang akan di pindah ke kapal.



Pelabuhan juga merupakan suatu pintu gerbang untuk masuk ke suatu daerah tertentu dan sebagai prasarana penghubung antar daerah, antar pulau, bahkan antar negara. (Triatmodjo, 2009)
FUNGSI PELABUHAN SEBAGAI BERIKUT

Gateway
Sebagai gatewaw (Pintu Gerbang) suatu negara atau daerah, karena suatu kapal dapat memasuli suatu negara/daerah melalui pelabuhan negara atau daerah yagng bersangkutan.

Interface
Pelabuhan berfungsi sebagai interface (penghubung), makudnya bahwa plabuhan dengan segala fasilitasnya yang tersedia dapat melakukan kegiatan pemindahan muatan dari angkutan laut (kapal) keangkutan darat atau sebaliknya.

Link
Pelabuhan berfungsi sebagai link (mata rantai), maksudnya adalah bahwa pelabuhan merupakan mata rantai dari proses transportasi (pengangkutan) muatan dari daerah produsen (asal barang) sampai kedaerah penerima atau konsumen.

Industry Entity (Estate/Zone)
Pelabuhan sebagai industry entity (kawasan industri), masudnya adalah karena perubahan mrupakan lingkungan kerja yang bersifat dinamis, maka penyediaan berbagai fasilitas pelabuhan perlu dikembangkan termasuk fasilitas untuk industri, terutama industri yang ada hubungannya dengan perkapalan dan transportasi laut lainnya.



Itulah pengertian dan fungsi dari pelabuhan dan semoga artikel ini berguna untuk kita kedepannya terutama pada mahasiswa teknik perkapalan karena artikel ini sangat bermanfaat kita pelajari.

Sebuah kerhormatan bagi kami dan keluarga besar PT Pelindo Daya Sejahtera (PT PDS), Anda telah meluangkan waktu untuk mengunjungi website kami. Situs ini sengaja dibuat sebagai bagian dari upaya kami mewujudkan customer satisfaction. Melalui situs ini kami berharap Anda memperoleh informasi yang Anda butuhan, khususnya informasi terkait dengan jasa outsourcing.

PT PDS merupakan anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) yang bergerak di bidang alih daya. Kehadiran perusahan kami tidak lain untuk menjawab tantangan para pebisnis yang ingin berkonsentrasi pada core business, tanpa harus mengesampingkan aktivitas non-core. Berbekal pengalaman mengelola SDM perusahaan berskala nasional, PT PDS menawarkan solusi cerdas bagi para pelaku usaha yang kerap disibukkan dengan masalah ketenagakerjaan.

Kami menyadari website ini jauh dari kesempurnaan dalam memberikan informasi, namun setidaknya dapat memberikan gambaran awal untuk dijadikan referensi sebelum Anda mengenal lebih jauh PT PDS. Tentu masih banyak informasi yang Anda butuhkan. Kami selalu membuka diri Anda. Terima kasih atas perhatiannya, semoga melalui website ini terjalin hubungan bisnis yang saling menguntungkan.