PDS dan The New Normal: Transformasi Budaya Kerja di Tengah Pandemi
01 Juni 2020

Pandemi COVID-19 yang dimulai di Wuhan pada akhir 2019 dan berlangsung hingga kini, membawa perubahan pola hidup dalam skala besar di seluruh dunia. Penyebaran virus COVID-19 tidak hanya soal menjaga kebersihan, namun juga tentang menjaga pola interaksi sosial. Interaksi sosial berkaitan begitu erat dengan esensi manusia sebagai makhluk sosial dan seluruh kegiatan yang muncul, salah satunya adalah dalam melaksanakan kegiatan ekonomi.

 

Perekonomian yang melemah akan menciptakan angka pengangguran, yang tentunya berdampak besar pada meningkatknya kriminalitas. Penjara yang penuh kembali melahirkan permasalahan yang seakan tak berujung dan berputar dalam lingkaran setan. Suatu solusi harus ditempuh untuk memutus rantai keputusasaan itu dan berkompromi dengan keadaan.

 

The New Normal, mahzab yang diperkenalkan WHO pada pertengahan Mei 2020, menjadi salah satu skenario yang diperhitungkan untuk bertahan di tengah wabah. Skenario ini mencoba mencari celah dan memanfaatkan potensi untuk tetap menjalankan proses bisnis. Perkembangan teknologi memungkinkan berbagai jenis pekerjaan untuk dilaksanakan tanpa tatap muka, alias, minim interaksi sosial.

 

Mengadaptasi metode tersebut, PDS mencoba melakukan transformasi budaya kerja agar dapat bertahan di tengah masa sulit. Beberapa aspek pekerjaan yang dilakukan secara luring, kini dapat dilakukan secara daring. Transformasi budaya kerja telah diterapkan pada penggunaan e-contract, e-signing untuk menggantikan tanda tangan basah, asesmen dan psikotes online, serta penerapan e-learning untuk menggantikan seminar dan pelatihan.

 

Dimulai dengan penerapan e-contract, metode ini telah menggantikan proses penandatanganan perjanjian kerja antara pekerja dengan perusahaan. E-contract berhasil memutus rantai panjang penyerahan dokumen dari perusahaan, cetak berkas hingga pengembalian berkas kepada perusahaan. Proses yang semula membutuhkan waktu setidaknya 5 hari kerja, kini dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 30 menit. E-contract yang diakomodir oleh aplikasi Employee Self Service (ESS) mampu mengurangi tatap muka antara karyawan dengan representasi perusahaan dan diakses di lokasi masing-masing. Dalam setahun terdapat kurang lebih 4000 perjanjian kerja yang tersebar di 7 provinsi di Indonesia, sehingga pemanfaatan e-contract diharapkan dapat memutus tatap muka dan interaksi langsung antar manusia.

Bersama dengan diterapkannya e-contract, e-signing untuk menggantikan tanda tangan basah juga menjadi transformasi budaya kerja yang signifikan. Dokumen yang semula membutuhkan tanda tangan basah dari pihak berwenang, kini digantikan dengan tanda tangan digital. Pihak yang berwenang cukup memberikan otorisasi dan autentifikasi terhadap dokumen kepentingan internal dan eksternal perusahaan yang diajukan.

 

PDC, sebagai salah satu unit kerja PDS yang bergerak di bidang asesmen, pelatihan dan konsultasi juga turut melakukan penyesuaian. Asesmen dan psikotes yang dahulu dilakukan melalui tatap muka, kini telah diakomodir melalui aplikasi Computer Based Test (CBT). Roy Darma Putera, Direktur Utama PDS menyebutkan bahwa, "CBT dapat memangkas biaya perjalanan dinas, penggunaan kertas dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan koreksi asesmen. Dalam bidang pelaksanaan pelatihan dan konsultasi, PDC tengah mengembangkan e-learning yang dapat diakses dari mana saja."

 

Untuk menunjang pelaksanaan transformasi budaya kerja, dibutuhkan juga kesadaran untuk menerapkan gaya hidup sehat. Dengan besarnya waktu yang dihabiskan karyawan di lokasi kerja, maka gaya hidup sehat harus diterapkan dari sini. Cuci tangan, cek suhu tubuh serta cek kesehatan harian harus menjadi standar baru dalam kehidupan sehari-hari. PDS juga memperhatikan asupan gizi karyawan dengan memberikan makanan bergizi dan vitamin, serta memberikan jaminan asuransi kesehatan sesuai ketentuan.

 

Wabah COVID-19 memaksa umat manusia untuk mengevaluasi pola hidup yang selama ini diterapkan. "Esensi manusia sebagai makhluk sosial juga turut diuji. Pembatasan mobilitas serta kontak fisik yang begitu meresahkan, saatnya dialihkan untuk meningkatkan kepedulian kepada kebutuhan dan kesulitan sesama." Edwardnul Djohar, Direktur PDS turut menambahkan. The New Normal merupakan sebuah upaya untuk menjembatani rasa takut dan optimisme manusia dalam menghaapi situasi sulit dengan hati yang tenang tanpa mengendurkan kewaspadaan dan kepedulian pada sesama, pungkasnya.

 

Tentang PT Pelindo Daya Sejahtera:

PT Pelindo Daya Sejahtera (PT PDS) merupakan anak perusahaan dari PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang bergerak dalam bidang penyediaan tenaga kerja. Dengan jumlah pekerja mencapai 6.000 orang di akhir tahun 2020, area kerja PT PDS di 18 unit kerja yang tersebar di 7 provinsi. Selain jasa tenaga kerja, PT PDS juga bergerak dalam jasa kebersihan, parking management dan jasa asesmen, pelatihan dan konsultasi melalui Pelindo Development Center (PDC).

 

Melalui komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan patuh pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, PT PDS mampu menjadi supporting partner yang memastikan kelancaran proses bisnis pengguna jasa.

 

Syaiful Anam

Kepala Biro Hukum dan Sekretaris Perusahaan

PT Pelindo Daya Sejahtera

Jl. Perak Timur 620

Gedung Gapura Surya Nusantara Lantai 2

Telp         : (031) 511-66384

Email        :  legal.corsec@ptpds.co.id

                   syaiful.anam@ptpds.co.id

 

 

 

Sebuah kerhormatan bagi kami dan keluarga besar PT Pelindo Daya Sejahtera (PT PDS), Anda telah meluangkan waktu untuk mengunjungi website kami. Situs ini sengaja dibuat sebagai bagian dari upaya kami mewujudkan customer satisfaction. Melalui situs ini kami berharap Anda memperoleh informasi yang Anda butuhan, khususnya informasi terkait dengan jasa tenaga kerja.

PT PDS merupakan anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) yang bergerak di bidang alih daya. Kehadiran perusahan kami tidak lain untuk menjawab tantangan para pebisnis yang ingin berkonsentrasi pada core business, tanpa harus mengesampingkan aktivitas non-core. Berbekal pengalaman mengelola SDM perusahaan berskala nasional, PT PDS menawarkan solusi cerdas bagi para pelaku usaha yang kerap disibukkan dengan masalah ketenagakerjaan.

Kami menyadari website ini jauh dari kesempurnaan dalam memberikan informasi, namun setidaknya dapat memberikan gambaran awal untuk dijadikan referensi sebelum Anda mengenal lebih jauh PT PDS. Tentu masih banyak informasi yang Anda butuhkan. Kami selalu membuka diri Anda. Terima kasih atas perhatiannya, semoga melalui website ini terjalin hubungan bisnis yang saling menguntungkan.