Tingkatkan Kompetensi 500 Tenaga Kerja Bongkar Muat: Pelindo III Group berikan Basic Safety Training
12 Maret 2018

Surabaya (12/03) – Seiring dengan adanya integrasi ekonomi negara-negara ASEAN yang merujuk pada Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Pelindo III Group telah mempersiapkan tenaga kerja bongkar muat (TKBM) untuk mengikuti pelatihan Basic Safety Training (BST) guna mempersiapkan diri menghadapi gejolak perubahan bisnis yang akan terjadi serta untuk meningkatkan waspada di lingkungan kerja.

Melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) atau Corporate Social Responsibility (CSR), PT Pelindo III melakukan pelatihan tersebut guna meningkatkan kompetensi tenaga kerja di wilayah Pelindo III. Dengan adanya tuntutan Internasional atas banyaknya kapal asing yang harus ditangani tenaga kerja bersertifikasi, maka Pelindo III memutuskan untuk memberikan pelatihan tersebut selain untuk memberikan kesadaran keselamatan, pelatihan tersebut juga berguna agar tenaga kerja bersertifikasi dapat berintegrasi dengan kapal asing yang masuk ke wilayah kerja Pelindo III. Karena  diperlukan pengetahuan untuk mencegahnya agar kerugian dapat dihindarkan, sangat diperlukan tenaga kerja bongkar muat agar selalu waspada di lingkungan kerja. Salah satu cara mencegah Kecelakaan Kerja yaitu dengan menerapkan prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja di lingkungan kerja, yang harus dipatuhi oleh semua tenaga kerja.

Dalam hal ini, PT Pelindo III menunjuk Unit Kerja PT Pelindo Daya Sejahtera (PDS), Improvement Center Pelindo by PDS (ICP by PDS) yang bekerjasama dengan Politeknik Pelayaran Surabaya dalam pelaksanaan Basic Safety Training (BST) tersebut. Tidak hanya dengan Politeknik Pelayaran Surabaya, ICP by PDS juga telah memetakan tenaga kerja bongkar muat di Jawa Tengah agar dapat mengikuti pelatihan Basic Safety Training (BST) di Jawa Tengah, bekerjasama dengan Politeknik Pelayaran Semarang, peresmian akan dilakukan pada tanggal 19 Maret 2018 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun PT PDS.

Kegiatan ini dibuka oleh President Director PT PDS, Ali Sodikin pada 12 Maret 2018 di Politeknik Pelayaran Surabaya dan dihadiri oleh HC Services Senior Vice President PT Pelindo III, Bapak Edi Priyanto, yang juga merupakan Komisaris PT Pelindo Daya Sejahtera, Kepala Seksi Tertib Berlayar Syahbandar Tanjung Perak, Bapak Agus Monang, Wakil Direktur 2 Politeknik Pelayaran Surabaya, Capt. Egbert Edward serta Ketua Koperasi TKBM.

Edi Priyanto selaku HC Services Senior Vice President PT Pelindo III menuturkan bahwa “Dari segi Keselamatan Kerja, berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan bahwa kecelakaan kerja di Indonesia semakin meningkat, walaupun di PT Pelindo III tahun 2017 lalu tidak ada kecelakaan kerja tenaga kerja bongkar muat, namun hal preventif perlu dilakukan salah satunya dengan cara memberikan sertifikasi melalui pelatihan Basic Safety Training (BST) ini. Ditambah lagi Pelindo III sudah menggalakan Safety Culture dan Zero Tolerance terhadap Kecelakaan Kerja apapun. Pelindo III tidak memberikan toleransi bagi Kecelakaan Kerja. Selain upaya pemberikan Induksi mengenai K3 di lingkungan kerja, sertfikasi ini mutlak untuk dilakukan.” Ujar Edi Priyanto.

Dengan total sebanyak 500 peserta pelatihan Basic Safety Training (BST) untuk tenaga kerja bongkar muat di wilayah Surabaya diprogram selama 9 Hari pelatihan dan dilakukan sebanyak 6 Batch yang dilakukan di Politeknik Pelayaran Surabaya, dimana masing-masing Batch diberi kuota 50 peserta. Sedangkan untuk wilayah Jawa Tengah akan dilakukan sebanyak 4 Batch dan diberi kuota 50 peserta masing-masing batch.

Ali Sodikin selaku President Director PT PDS mengatakan bahwa, “Dengan adanya pelatihan Basic Safety Training (BST)  diharapkan para tenaga kerja dapat menjadi lebih aware terhadap Keselamatan Kerja, selain itu para tenaga kerja yang sudah mendapatkan pelatihan akan menularkan ilmu yang didapat ke tenaga kerja lain yang belum mendapat pelatihan. Dengan itu secara tidak langsung mereka menjadi agent of change bagi PT Pelindo III Group dan pada akhirnya akan membangun Improvement yang ada di Pelindo sehingga dapat memaksimalkan layanan perusahaan.” Tutur Ali Sodikin.

###

Tentang Pelindo III:

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo III adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa kepelabuhanan. Tugas, wewenang, dan tanggung jawab Pelindo III mengelola 43 pelabuhan yang tersebar di 7 provinsi, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, serta memiliki 10 anak perusahaan dan afiliasi.

Pelindo III menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Pelindo III mampu menggerakkan serta mendorong kegiatan ekonomi negara dan masyarakat.

 

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

Regina Bestrya

Humas PT Pelindo Daya Sejahtera

Gapura Surya Nusantara

Jl. Perak Timur No.620, Surabaya,

Jawa Timur – Indonesia

Telp. : (+6231) 51166384-85

Fax. : (+6231) 51166386

Mobile:081217446391
Email: [email protected]

www.pelindo.co.id

 

Sebuah kerhormatan bagi kami dan keluarga besar PT Pelindo Daya Sejahtera (PT PDS), Anda telah meluangkan waktu untuk mengunjungi website kami. Situs ini sengaja dibuat sebagai bagian dari upaya kami mewujudkan customer satisfaction. Melalui situs ini kami berharap Anda memperoleh informasi yang Anda butuhan, khususnya informasi terkait dengan jasa tenaga kerja.

PT PDS merupakan anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) yang bergerak di bidang alih daya. Kehadiran perusahan kami tidak lain untuk menjawab tantangan para pebisnis yang ingin berkonsentrasi pada core business, tanpa harus mengesampingkan aktivitas non-core. Berbekal pengalaman mengelola SDM perusahaan berskala nasional, PT PDS menawarkan solusi cerdas bagi para pelaku usaha yang kerap disibukkan dengan masalah ketenagakerjaan.

Kami menyadari website ini jauh dari kesempurnaan dalam memberikan informasi, namun setidaknya dapat memberikan gambaran awal untuk dijadikan referensi sebelum Anda mengenal lebih jauh PT PDS. Tentu masih banyak informasi yang Anda butuhkan. Kami selalu membuka diri Anda. Terima kasih atas perhatiannya, semoga melalui website ini terjalin hubungan bisnis yang saling menguntungkan.